Jakarta, STIPANnews - Rasa keingintahuan tentang Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) sebagai sekolah pencetak kader NKRI membuat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mappi Papua melakukan kunjungan langsung kampus STIPAN di Lenteng Agung Jakarta, Sabtu (01/05/2021).

Pimpinan DPRD Kebupaten Mappi yang hadir adalah Wakil Ketua DPRD Marandus Situmorang didampingi Anggota DPRD Yakob Aimbaru dan para staf. Rombongan DPRD Kabupaten Mappi ini diterima oleh Direktur Hubungan Eksternal STIPAN Drs. Tantowi Jauhari, Mkesos dan Kadiv Kerjasama dan Marketing Shinta KS.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut Direktur Hubungan Eksternal STIPAN Tantowi Jauhari menjelaskan tentang berbagai hal terkait STIPAN termasuk program studi, sistem pengasuhan dan fasilitas yang disediakan. "STIPAN memiliki dua program studi S1 yaitu program studi ilmu pemerintahan dan ilmu politik. Sementara untuk S2nya, STIPAN memiliki program ilmu pemerintahan sebagai ilmu terapan," ujar Tantowi.

Menurutnya, selain menjalankan pendidikan reguler, STIPAN juga menerapkan sistem Pengajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan (JARLATSUH) sebagai upaya untuk terbangunnya karakter calon birokrat yang professional, beraklak mulia, dan berwawasan kebangsaan. Ia juga menjelaskan bahwa banyak organisasi dan pemerintah daerah di Indonesia yang telah melakukan kerjasama pendidikan dengan STIPAN.

Foto: Rombongan DPRD Kabupaten Mappi berfoto bersama di Kampus STIPAN

Anggota DPRD Yakob Aimbaru menyatakan ketertarikannya terhadap sistem pendidikan di STIPAN dan berharap ada kerjasama antara STIPAN dan Pemerintah Kabupaten Mappi sebagai upaya penguatan sumber daya manusia di Papua.

Foto: Wakil Ketua DPRD Marandus Situmorang bersama Direktur Hubungan Eksternal Tantowi Jauhari melakukan talkshow di STIPAN Channel

Dalam acara kunjungan ke STIPAN, kedua anggota DPRD tersebut menyempatkan diri untuk melakukan talkshow di STIPAN Channel dipandu host Direktur Hubungan Eksternal Tantowi Jauhari. Kedua anggota DPRD ini menyatakan terima kasihnya kepada STIPAN Channel karena diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan pandangannya terkait tugas dan fungsi sebagai legislator daerah.

Foto: Anggota DPRD Kabupaten Mappi Yakob Aimbaru memberikan pengarahan kepada Praja STIPAN asal Papua

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Marandus Situmorang dan Yakob Aimbaru menyampaikan pengarahan dan motivasinya kepada para Praja STIPAN asal Papua. Mereka bangga terhadap semangat anak-anak muda Papua yang jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menuntut ilmu di STIPAN. "Sekolah yang baik-baik ya. Terus semangat dan nanti pulang membawa ijazah. Jangan membawa yang lain," seloroh Marandus Situmorang disambut gelak tawa para Praja asal Papua. *SC-02