Jakarta, STIPANnews - Sebagai upaya peningkatan kualitas dan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Gorontalo, dibahas rencana kerjasama pendidikan Pemprov Gorontalo dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN). Hal tersebut disampaikan Gubrrnur Gorontalo pada acara kunjungan Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P ke kampus STIPAN Jakarta, Jumat 30/04/2021.

Disambut hangat dan ditemui Ketua STIPAN Dr. Sumarsono, MDM, Gubernur Gorontalo menyatakan ketertarikannya untuk mengirimkan ASNnya menimba ilmu dan belajar di Kampus STIPAN. "Kita akan mengirimkan beberapa orang untuk kuliah tugas belajar di STIPAN," ujar mantan Bupati Gorontalo Utara ini penuh semangat.

“Saya tertarik dg hastack STIPAN -sebahai Sekolah Kader NKRI. Bagi Saya, NKRI itu harga mati. ASN sebagai penyangga dan pemeran utama birokrasi, harus menjadi kader NKRI yang tsngguh “, ujar Gubernur ysng saat ini berada pada periode II kepemimpinannys. GeUbernur yang banyak terobossn ini, telah banyak memiliki di wilayahnya, baik sebagai Kepala Daerah pilihan rakyat, maupun sebagai reoresentasi pemerintah pusat di Daerah.” Ujar Gubernur berlatar belakang pengusaha ini.

Menjadi Gubernur itu banyak suka dukanya, namun dalam perjalanan karir Saya lebih banyak sukanya.

Terobosan yang bikin heboh di tingkat nasional, ketika Gubernur keluarga besar BJ Habibie ini membuat kebijakan gaji pegawai ditransfer melalui no rekening isteri. Spontan reaksi para pejabat Pemprov Gorontalo yang laki-laki protes keras. Pelan namun pasti, kebijakan tersebut berhasil diterima dan diterapkan hingga saat ini. Sejak itu dukungsn emak-emak kepada Gubernur tokoh Golkar ini mengalir. Terlebih dengan program-programnya yang mengena sasaran, itu menggratiskan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Foto: Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P

Sebagai bukti keseriusan Pemprov Gorontalo, pihaknya dalam waktu dekat akan segera menyusun rencana kerjasama dengan STIPAN. "Setelah lebaran, kami dan beberapa pejabat terkait akan datang lagi ke Jakarta untuk membuat MoU kerjasama pendidikan dengan STIPAN," tambahnya.

Dalam kunjungannya ke STIPAN, Gubernur sempat berdialog di STIPAN CHANNEL satu jam dengan host langsung ditangani Soni Sumarsono , yang sudah dikenal akrab oleh Gubernur karena mantan Dirjen Otonomi Daerah dan ex Oj Gubernur provinsi tetangganya, Sulawesi Utara.

 

Foto bersama Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P dan Jajaran Pengurus STIPAN

Menurut Rusli Habibie, pihak Pemprov memiliki anggaran khusus terkait kegiatan tugas belajar para ASNnya sebagai upaya peningkatan kualitas SDM Pemptov Gorontalo. "Ada beberapa program prioritas tugas belajar Pemprov Gorontalo diantaranya bidang kesehatan, bidang tehnik dan salah satunya bidang pemerintahan," tandasnya. *SC01