Perubahan Sekolah Tingggi menjadi Institut

2015-10-08 10:09:30 author by Erdi

Perubahan Sekolah Tingggi menjadi Institut

Pengembangan STIP-AN menjadi IIP-AN untuk jangka menengah diarahkan sampai tahun 2034 dan jangka pendek 2014-2019, arah pengembangan tersebut diuraikan sbb.:

 


Arah Pengembangan 2014-2019

 


Arah Pengembangan dibagi kedalam dua tahap yaitu Tahapan Pengembangan (2014-2016) dan tahapan pemantapan (2017-2019 dan seterusnya).

 


Tahapan Pengembangan (2016-2016)

Tahap I sebagai persiapan menuju tahap bermutu tinggi dalam merespon lima (5) isu strategi nasional untuk (1) meningkatkan kualitas pendidikan inggi berorientasi pada Standar Nasional PT, (2) menyehatkan organisasi, (3) meningkatkan daya saing di tingkat nasional, (4) mengelola sumber daya, dan (5) Mengelola Pendanaan. Oleh karena itu kegiatan diarahkan pada:

  1. Meningkatnya komitmen seluruh sivitas akademika dalam melangkah bersama mengembangkan status STIP-AN menjadi IIP-AN dengan beberapa program studi dan konsentrasi.
  2. Meningkatnya tertib administrasi melalui: Persiapan Revisi Statuta, Revisi Renstra, inventarisasi surat-surat keputusan, revisi standard operating procedure (SOP) yang sudah dibuat sesuai dengan statuta dan memastikan semua SOP tersebut dijalankan serta hal – hal yang belum diatur melalui SOP perlu dibuatkan secepatnya, disosialisasikan, segera diaplikasikan untuk penjaminan mutu Institut.
  3. Tersusunnya program yang mendukung terlaksananya Standar Nasional Perguruan Tinggi sesuai Permendikbud No 49 tahun 2014.
  4. Terselenggaranya Pendidikan berdasarkan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi Penguasaan Kurikulum Pendidikan berbasis KKNI.
  5. Pengembangan Program Pendidikan S1, S2 dan S3 berorientasi Standarisasi Pendidikan, Standarisasi Penelitian dan Standarisasi Pengabdian kepada masyarakat.
  6. Peningkatan Kualitas Program Studi bersumber pada pengembangan keilmuan,metode dan aplikasi pemerintahan.
  7. Terwujudnya pelayanan administrasi akademik dan non akademik yang terpadu.

 

Tahapan Pemantapan (2017-2019 dan seterusnya)



Tahapan kedua ini adalah memantapkan mutu Institut dengan merespon lima isu strategi nasional. Pada tahap ini program diarahkan pada:

  1. Terbentuknya Revisi Renstra STIP-AN menjadi Renstra IIP-AN, agar mrmpunyai pedoman, tolok ukur pencapaian jangka menengah dan panjang;
  2. Revisi visi, misi,sasaran dan tujuan Institut dan Prodi serta konsentrasi. Di dalam tahapan ini, visi misi institute di bahas kembali dan direvisi agar dapat mencapai target yang diharapkan;
  3. Terbenahnya penjaminan mutu sesuai dengan standar penjaminan mutu internal dan eksternal yang terkait mahasiswa, lulusan, kurikulum, proses belajar mengajar, penelitian, perpustakaan dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Terbentuknya perbaikan tata pamong;
  5. Terbenahinya data kemahasiswaan, dosen, karyawan, serta semua data pendukung di STIP-AN/IIP-AN. Upaya untuk membuat sistem informasi berbagai bidang perlu segera dilakukan agar semua data terintegrasi;
  6. Terbenahinya website Institut dan Prodi;
  7. Terlaksananya Sosialisasi dan pelatihan- pelatihan kepada dosen, mahasiswa, karyawan dan civitas akademika terkait visi misi, penjaminan mutu, penelitian dan hal – hal lain yang diperlukan untuk mencapai target kewajiban sebagai dosen tetap;
  8. Tercapainya perumusan kurikulum berbasis riset;
  9. Berkembangnya kerjasama di berbagai bidang dengan instansi terkait, dalam dan luar negeri, bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat;
  10. Tuntasnya pengisian borang akreditasi Institut dan Prodi sesuai dengan masa berlakunya akreditasi oleh BAN PT, LAM;
  11. Terakreditasinya Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Pemerintahan ( B ) dan upaya penambahan program dalam sekolah pasca sarjana.

Untuk pertamanya akan dikembangkan program studi untuk Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik, yaitu :

  1. Ilmu Pemerintahan:
    1. Program studi : Kepemerintahan
    2. Program studi : Sosiologi Pemerintahan
    3. Program studi : Manajemen Pemerintahan
    4. Program studi : Manajemen Pemerintahan Daerah
    5. Program studi : Manajemen Keuangan Sektor Publik
    6. Program studi : Perencanaan Wilayah
    7. Program studi : Perencanaan Wilayah dan Kota
    8. Program studi : Perencanaan Sumberdaya Manusia

 

  1. Ilmu Politik:
    1. Program studi : Ilmu Politik
    2. Program studi : Sosiologi Politik
    3. Program studi : Kebijakan Publik
    4. Program studi : Komunikasi Pembangunan Politik